Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Warga Ikuti Latihan Bimbingan Manasik Haji di Desa Sukadamai

Minggu, 21 Juli 2024 | 12:23 WIB Last Updated 2024-07-21T05:23:12Z

PASUNDAN POST | SUKABUMI —  Ribuan warga melaksanakan Pelatihan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Majelis Ta'lim se-Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Cikembar, bertempat di Gedung Sekolah MI YASNAF (Yayasan Nahdzatul Falah), di Jalan KH. Daman Huri KM.5, Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, kabupaten Sukabumi, pada Minggu (21/07/2024)

Terpantau hadir di TKP, Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri M.Si, Ketua Umum PD IPHI Kabupaten Sukabumi, H. Ujang SHI., MH, (diwakili Sekretaris H.Abdul Manan S.Kom., M.Si., Bendahara Umum PD IPHI Kabupaten Sukabumi H. Usep Saepullah Ruhiyat S.Ag., M.H.), Ketua MUI Kecamatan Cicantayan, Kemenag Kabupaten Sukabumi Kasi Penyelenggara Haji, H. Abdul Manan S.Kom., M.Si., KUA Kecamatan Cicantayan Yudi Haryadi S.Ag., M.Si., Kepala Desa Sukadamai Rudi Hartono, Ketua BPD Sukadamai Drs. A. Saepudin M.MPd., Babinsa Sertu Dicardo, Bhabinkamtibmas Bripka Mukti, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan para peserta Pelatihan.

Saat dikonfirmasi Awak media, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan, "Ini kegiatan luar biasa. Ini memberikan inovasi, edukasi kepada masyarakat, agar memahami bagaimana tentang tata cara melaksanakan ibadah Haji yang seharusnya, sehingga sebelum diterapkan bisa memahami," katanya.

Iyos menilai, bahwa kegiatan ini merupakan pembelajaran yang luar biasa.

"Mudah-mudahan kedepannya menjadi cikal bakal KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) yang baru, mewujudkan Kabupaten yang Agamis," pungkas Wakil Bupati Sukabumi.

Sementara itu, Kades Sukadamai, Rudi Hartono menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan program Desa Sukadamai dan diinisiasi oleh Kelembagaan yang ada di Desa Sukadamai.

"Alhamdulillah respon dari masyarakat sangat antusias atas penyelenggaraan Manasik Haji Desa Sukadamai di tahun 2024 ini. Alhamdulillah kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Sukabumi,” terang Rudi Hartono.

Rudi membeberkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Pembinaan Bimbingan Manasik Haji di wilayah Desa Sukadamai.

"Tujuan kegiatan ini ajang silaturahmi antara aparatur Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah dan seluruh Stakeholder, terutama para Alim Ulama ulntuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam bidang keagamaan terutama pada keilmuan Manasik Haji.

Rudi menambahkan, bahwa untuk peserta diikuti dari Dua Kecamatan (Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Cikembar) yang terdiri dari 7 (Tujuh) Desa yg ikut peserta. Jumlah peserta hampir 1000 orang yang mengikuti kegiatan ini.

"Insya Allah, kegiatan ini secara kontinyu berkelanjutan. Mudah-mudahan di tahun 2025, Desa Sukadamai mendirikan KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh)," sambungnya.

Tak lupa, Kepala Desa Sukadamai menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Stakeholder yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, sehingga dapat berjalan. (Dasep M)
×
Berita Terbaru Update